Zirve Yatirim

Rekap Hasil Negara ASEAN di Olimpiade Paris 2024: Indonesia Dua Medali Emas, Malaysia Dua Perunggu

hasil olimpiade terbaik 2024

Pada edisi tersebut, dua medali emas didapat wakil Indonesia dari cabor bulutangkis. Susi Susanti merebut emas di sektor tunggal putri sementara Alan Budikusuma melakukan pencapaian serupa di tunggal putra. Indonesia baru mengemas satu perunggu, yang dipersembahkan oleh Gregoria Mariska Tunjung lewat cabor bulu tangkis nomor tunggal putri. Posisi Indonesia di klasemen perolehan medali membaik dibandingkan hasil Olimpiade Tokyo 2020. Saat itu Indonesia menempati peringkat ke-55 dengan meraih 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Medali Perunggu Olimpiade Paris 2024 Milik Atlet Senam AS Dicabut,…

Merah Putih juga menempati podium tertinggi Olimpiade di luar bulu tangkis. Sebelumnya emas Indonesia memang datang dari badminton, mulai dari Susi Susanti (tunggal putri) dan Alan Budikusuma (tunggal putra) di Barcelona 1992. TEMPO.CO, Jakarta – Amerika Serikat menjadi juara umum Olimpiade Paris 2024. Setelah pesta olahraga empat tahunan itu, mereka memuncaki klasemen akhir perolehan medali dengan mengumpulkan 40 medali emas, sama dengan Cina namun unggul dalam koleksi perak (44).

  • Dua atlet panjat tebing Indonesia di nomor speed, Veddriq Leonardo dan Rajiah Salsabillah, berhasil memastikan tempat mereka di Olimpiade Paris 2024 pada Sabtu, (22/06) waktu Budapest.
  • Adapun 3 medali perunggu masing-masing disumbangkan oleh Rahmat Erwin (angkat besi), Windy Cantika (angkat besi), dan Anthony Ginting (badminton).
  • Hal itu mengingat berkat emas itu, Amerika berhasil menyamai perolehan medali emas kontingen China.
  • Indonesia memiliki Nurul Akmal yang bertanding di hari terakhir kompetisi.
  • Setelah kebobolan ini, Spanyol mulai percaya diri untuk menguasai bola.
  • Tim basket putri Amerika Serikat sukses meraih medali emas terakhir usai mengalahkan Prancis secara dramatis dengan skor di laga final.

Ini Rincian Bonus yang Diberikan Kementerian BUMN kepada Atlet Peraih Medali Olimpiade Paris 2024: Tembus Rp6 Miliar!

Ini merupakan pencapaian terbaik Indonesia dalam sejarah sejak Olimpiade 1992 di Barcelona. Rangkaian kompetisi Olimpiade 2024 bakal bergulir 24 Juli–11 Agustus dengan total 329 medali emas yang diperebutkan dari 32 cabor. Lebih lanjut Zhou Jinqiang mengatakan enam cabor andalan Cina, termasuk diving, tenis meja, dan angkat besi, menyumbangkan total 27 emas.

Indonesia Peringkat ke-39 Olimpiade Paris 2024, Filipina Masih Terbaik di ASEAN

Esposin, JAKARTA — Amerika Serikat menjadi yang terbaik dengan menjadi juara umum Olimpiade Paris 2024 mengungguli Cina di peringkat kedua. Yuk cek rekap hasil negara ASEAN selengkapnya di Olimpiade Paris 2024. Noah Lyles berlari dalam waktu 9,784 detik, mengalahkan pelari Jamaika, Kishane Thompson dengan selisih lima per seribu (0,005) detik. Takluk dari An Se-yong di babak semifinal, Jorji semula harus bertanding melawan pebulutangkis yang kalah dari duel He Bingjiao vs Carolina Marina. Akibat insiden ini, pihak penyelenggara terpaksa menghentikan pertandingan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Menurutnya, persiapan kontingen untuk ajang OSN sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya, mulai dari seleksi hingga pemusatan latihan.

PON XXI Aceh-Sumut Tim Veddriq Leonardo Kalah di Kejuaraan Speed Relay, Yenny Wahid Tetap Bersyukur

Jumlah itu sudah cukup untuk mengungguli Weeraphon Wichuma, atlet Thailand dengan total angkatan 346 kg. Rizki juga di atas sang peraih perunggu, Bozhidar Andrev (Bulgaria) dengan 344 kg. Dengan total 2 medali emas ini, Indonesia melampaui catatan yang bertahan selama 7 edisi Olimpiade beruntun sejak Atlanta 1996 hingga Tokyo 2020. Dalam rentang waktu tersebut, skuad Merah Putih maksimal hanya mengukir 1 medali emas di setiap edisi.

Ramai Penerima Beasiswa UKT di ITB Wajib Part Time di Kampus

  • Terakhir, sang tuan rumah harus puas berakhir di urutan kelima klasemen karena hanya mampu merebut 16 medali emas, 26 perak, dan 22 perunggu alias total 64 medali.
  • Di babak eliminasi, Rita bertemu Pipper Kelly dari Amerika Serikat.
  • Di babak semifinal, atlet asal Pontianak itu menghadapi Reza Alipour.
  • Thailand yang membukukan satu emas, tiga perak, dan dua perunggu berada di posisi ketiga untuk kategori negara ASEAN.
  • Sementara itu, Amerika Serikat (AS) tetap bertahan serta finis menjadi raja Olimpiade Paris 2024 berkat perolehan 40 medali emas, 44 perak, dan 42 perunggu.
  • Tim voli putri Amerika Serikat meraih medali emas, menambah perolehan medali negara.
  • Capaian dua medali emas Indonesia dipersembahkan Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi).
  • Hal ini menunjukkan perkembangan positif dalam olahraga Indonesia di kancah internasional.

Nasib lima tim Indonesia untuk dapat melaju ke babak Grand Finals akan dipertaruhkan pada September. Pun demikian, capaian tersebut tetap merupakan sebuah prestasi bagi Tim Negeri Tirai Bambu. Pasalnya, Paris 2024 menandai prestasi terbaik Cina dalam gelaran Olimpiade di luar negeri.

3% Penduduk di Jawa Timur Beragama Hindu

hasil olimpiade terbaik 2024

Kemudian, medali emas Bidang IPA diraih Aryaputra Aqila Naufal Atharizz dari SDS Al Azhar Kelapa Gading. Lalu disusul oleh Jepang yang mengoleksi total 45 medali yakni 20 emas, 12 perak dan 13 perunggu. Di urutan keempat terdapat Australia yang mengamankan total 53 medali (18 emas, 19 perak dan 16 perunggu).

UEFA Batalkan Final Liga Champions 2027 di San Siro

Angkat besi selalu menjadi cabang olahraga andalan Indonesia di Olimpiade. Dengan prestasi yang sudah terbukti di ajang-ajang sebelumnya, Indonesia memiliki peluang besar untuk meraih medali di cabang ini. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi Awaluddin mengatakan, DKI Jakarta berhasil mengungguli Jawa Timur yang meraih empat emas dan delapan perak. Kemudian, Jawa Tengah yang berhak atas posisi ketiga dengan empat emas, dua perak dan enam perunggu. Capaian dua medali emas Indonesia dipersembahkan Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi).

Perpanjangan Waktu Prancis vs Spanyol

Meski begitu, Prancis belum bisa menambah gol di menit ke-72 karena setiap upaya umpan silang bisa dihalau pertahanan Spanyol. Emas pertama diraih oleh Veddriq Leonardo lewat Panjat Tebing, Kamis (8/8) malam WIB. Setelah itu giliran Rizki Juniansyah menambah koleksi emas lewat aksinya di Angkat Besi, Jumat (9/8) dini hari WIB.

  • Sedangkan peringkat ke-2 adalah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dengan raihan total 91 medali (40 emas, 27 perak, dan 24 perunggu).
  • Menurutnya, persiapan kontingen untuk ajang OSN sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya, mulai dari seleksi hingga pemusatan latihan.
  • Dalam pertandingan tersebut, tim basket putri AS, yakni A’ja Wilson dkk, menjadi pemenang melalui pertandingan yang berlangsung ketat.
  • Di urutan kelima ditempati tuan rumah Prancis dengan total koleksi 64 medali (16 emas 26 perak dan 22 perunggu).
  • Saat tampil di Tokyo, Tim Merah Putih menghuni peringkat ke-55 dengan mengoleksi total lima medali yang terdiri dari satu emas, satu perak dan tiga perunggu.

Gempa M 5,9 Guncang Kepulauan Izu di Jepang, Tsunami 50 Cm Hantam Salah Satu Pulau

Pencapaian Kontingen Indonesia di Olimpiade Paris 2024 patut diapresiasi. Dengan raihan 2 medali emas dan 1 perunggu, Indonesia berhasil mencatatkan prestasi terbaiknya dalam 20 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan perkembangan positif dalam olahraga Indonesia di kancah internasional.

  • Saya akan terus berlatih keras untuk memberikan yang terbaik di Paris nanti,” ujarnya dengan penuh semangat.
  • Rangkaian kompetisi Olimpiade 2024 bakal bergulir 24 Juli–11 Agustus dengan total 329 medali emas yang diperebutkan dari 32 cabor.
  • Budi berharap, untuk OSN Tingkat SMA/MA akan dilaksanakan pada 26 Agustus sampai 1 September 2024, pelajar-pelajar DKI Jakarta juga dapat mendulang sebanyak-banyaknya medali emas.
  • Indonesia berhasil menyabet dua medali emas dan satu medali perunggu dalam ajang ini.
  • Pun demikian, capaian tersebut tetap merupakan sebuah prestasi bagi Tim Negeri Tirai Bambu.
  • Sementara satu medali lain datang dari cabor bulutangkis lewat Gregoria Mariska Tunjung yang meraih medali perunggu di nomor tunggal putri.
  • Team USA berhak atas peringkat yang lebih baik karena unggul secara telak dalam warna medali berikutnya yaitu perak dengan 44 berbanding 27.

Malaysia unggul atas Indonesia karena mengantongi dua medali perunggu yang disumbangkan oleh Lee Zii Jia (bulu tangkis/tunggal putra) dan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (bulu tangkis/ganda putra). Alhasil, Amerika Serikat dan China sama-sama mengumpulkan medali emas. Nah dalam skenario semacam https://cendanabet-id.com/ ini, selanjutnya perolehan medali perak yang dihitung, dan Amerika Serikat pun menang. Sebelum tambahan dua keping emas tersebut, Indonesia terlebih dulu membuka kucuran medali di Olimpiade 2024 lewat keberhasilan Gregoria Mariska Tunjung meraih perunggu di Bulutangkis tunggal putri.

Selain hasil para atlet terbaik dunia, salah satu daya tarik Olimpiade musim panas edisi ke-33 ini adalah momen-momen fesyen hebat dari para atlet. Sebanyak 11 atlet panjat tebing bersiap ke Seoul, Korea Selatan, selepas PON 2024 untuk mengikuti IFSC World Cup Seoul 2024. Jadwal, hasil, dan klasemen Piala Dunia Futsal 2024 yang terus diperbarui seiring berjalannya turnamen. Beberapa peluang didapatkan tapi belum bisa menambah gol hingga menit ke-86. Ini nyaris berbuah gol saat Sergio Gomez melepas tembakan di menit ke-88, tapi masih melebar di sisi kanan. Setelah kebobolan ini, Spanyol mulai percaya diri untuk menguasai bola.

Sejak bulu tangkis dipertandingkan di Olimpiade mulai 1992, Indonesia mulai mendulang pundi-pundi emas lewat cabor ini. Lifter asal Aceh tersebut mengakhiri pertandingan di peringkat ke-12 dengan total angkatan 245 kg. Kini, baik AS maupun China sama-sama mengumpulkan 40 medali emas.

Timnas Indonesia Senior

“Bagi yang sudah meraih medali emas maupun belum harus tetap semangat dan terus belajar meningkatkan kemampuan. Sehingga, ke depan dapat meraih prestasi lebih tinggi lagi,” terangnya. Di babak kualifikasi, Lalu Zohri menempati urutan kedua dengan catatan waktu 10,35 detik di belakang pelari Saint Kitts dan Nevis Harris Naquille 10,33 detik. Hasil itu membuatnya lolos ke babak pertama nomor lari 100 meter putra Olimpiade Paris 2024.

Rizki Juniansyah Jadi Sorotan Amerika Serikat Usai Gemparkan Olimpiade 2024

Thailand yang membukukan satu emas, tiga perak, dan dua perunggu berada di posisi ketiga untuk kategori negara ASEAN. Jika mengambil klasemen keseluruhan ajang empat tahunan ini, mereka ada di urutan 44. Selain itu, bulu tangkis yang menjadi salah satu cabang olahraga terfavorit di Indonesia, juga akan berlangsung pada 27 Juli-5 Agustus 2024. Dengan para pemain terbaiknya, Indonesia berpeluang besar untuk meraih medali di cabang ini.

Pelatih Panjat Tebing Pede Atlet Indonesia Masih Punya Kans Rebut Tiket Olimpiade 2024 Paris

Dari 4 atlet Indonesia yang ikut, 3 di antaranya berhasil lolos ke babak quarter final yaitu, Desak Made RIta Kusuma Dewi, Rajiah Salsabillah, dan Veddriq Leonardo. Sebenarnya, Kiromal Katibin dan Aspar Jaelolo juga menempati posisi dengan jumlah poin terbanyak keempat dan kelima dengan jumlah poin 72 untuk Katibin dan 71 untuk Aspar. Satu medali perak Thailand disumbangkan melalui Kunlavut Vitidsarn, yang meraih runner-up di cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor tunggal putra. Dengan satu tambahan emas dari tim basket putri, maka pada klasemen akhir perolehan medali Amerika Serikat menyalip China di detik terakhir dengan 40 emas, 44 perak, dan 42 perunggu. Keunggulan mereka pun sangat tipis atas China yang harus puas di posisi runner-up.

AS di Puncak Klasemen Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024

Amerika Serikat dan Australia secara berurutan membuntuti di posisi kedua dan ketiga dalam klasemen medali Olimpiade 2024. Michel Olise berhasil mengubah skor jadi 3-2 usai tendangan bebasnya bisa diteruskan Akliouche menjadi gol di menit ke-79. Spanyol berbalik unggul 2-1 saat Fermin Lopez mencetak gol di menit ke-25. Berawal dari umpan Miranda yang disambar Ruiz tapi masih ditepis, bola muntah disambar kembali oleh Lopez menjadi gol. Ini menjadi gol keenamnya sepanjang duel cabor sepak bola Olimpiade 2024. Sementara itu, Indonesia memastikan diri finis di urutan ke-39 dengan raihan 2 emas dan 1 perunggu.

BOLASPORT.COM – Kontingen Indonesia mengalami peringkat terbaik dalam 20 tahun terakhir setelah klasemen medali Olimpiade Paris 2024 dinyatakan finis. Tim tuan rumah Prancis harus puas berada di peringkat lima dengan torehan 16 emas, 26 perak, dan 22 perunggu. Indonesia meraih dua emas, yang masing-masing dipersembahkan oleh Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi). Tim basket putri AS mengalahkan Perancis dengan keunggulan satu poin saja, yakni 67-66. Veddriq Leonardo mengungkapkan rasa syukurnya, “Saya sangat bersyukur atas dukungan dari semua pihak. Keberhasilan (meraih tiket olimpiade) ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen bersama.

Medali emas Amerika Serikat pada sehari sebelum penutupan Olimpiade 2024 didapat cabangolahraga sepak bola wanita. Bahkan kepastian itu didapat Amerika Serikat secara dramatis setelah di laga perebutan medali emas terakhir, tim Paman Sam -julukan Amerika Serikat- merebutnya. Kepastian Amerika Serikat menjadi juara umum pun diraih dalam pertandingan terakhir Olimpiade Paris 2024 yakni basket.

Bermain di perempatfinal Veddriq berhasil menyisihkan Bassa Mawem. Atlet asal Pontianak, Kalimantan Barat, itu mencetak waktu 4,88 detik berbanding 5,26 milik lawan. Amerika Serikat jadi juara umum Olimpiade Paris 2024 dengan 40 medali emas. Thailand finis ke-44 dengan satu emas, tiga perak, dan dua perunggu. Jepang merebut peringkat ketiga dengan 20 emas, 12 perak, dan 13 perunggu.

Gregoria Mariska menjadi peraih medali pertama untuk Kontingen Indonesia dalam Olimpiade 2024 usai mengamankan perunggu tunggal putri bulu tangkis. Berlaga di South Paris Arena, Paris, Prancis, atlet berusia 21 tahun tersebut mendapatkan medali emas sekaligus memecahkan rekor olimpiade. Buat pelari asal Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini merupakan penampilan keduanya di Olimpiade.

Yorum bırakın

E-posta adresiniz yayınlanmayacak. Gerekli alanlar * ile işaretlenmişlerdir

Scroll to Top